LigaMahasiswa.co.id

Pipa PVC dan Pipa PE: Perbedaan Keduanya - Pasti Group - Distributor Pipa  PVC di Indonesia

Bicara soal perpipaan, sebenarnya tidak hanya ada satu jenis pipa loh. Ada beberapa jenis pipa yang mesti anda tahu. Dari sekian banyaknya jenis pipa, pipa PPR dan pipa PVC adalah yang banyak diminati. Tetapi, anda jangan sembarang pilih. Pipa PPR dan pipa PVC memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara keduanya.

Perbedaan Pipa PPR dan Pipa PVC

Buat anda yang mau beli pipa untuk dipasang di rumah, kenali dulu perbedaan pipa PPR dan pipa PVC. Hal ini penting diketahui agar anda mendapatkan pipa yang tepat sesuai pemasangannya. Berikut ini beberapa perbedaannya.

1. Karakter

Dimulai dari karakter pipa, pipa PPR adalah bagian dari produk pipa thermoplastik. Jenis pipa ini adalah pilihan yang tepat jika digunakan sebagai alat pengalir air bersuhu cukup tinggi dan bertekanan tinggi. Sementara itu, pipa PVC adalah produk pipa berbahan vinyl. Jenis material ini membuat pipa PVC cenderung lebih ringan dan kuat. Selain itu, pipa PVC lebih tahan lama dan tidak mudah karatan. Dengan begini, kita tahu bahwa kedua jenis pipa tersebut memang berbeda dari jenis materialnya.

2. Fungsi dan kegunaan

Karena material kedua pipa berbeda, maka fungsi dan kegunaan keduanya pun berbeda. Jadi, pilihlah pipa yang tepat sesuai penggunaanya. Pipa PPR memiliki fungsi yang baik ketika dijadikan sebagai medium penghantar saluran air baik air panas atau air dingin. Pipa PPR sering digunakan sebagai pipa air minum, yaitu sebagai pipa intake.

Pipa PVC biasa digunakan sebagai pipa saluran, tetapi bukan pipa saluran air bertekanan tinggi. Pipa PVC biasa digunakan untuk pipa saluran seperti saluran listrik, air ledeng, saluran pembuangan dan sebagainya. Pipa PVC dipilih karena sifatnya yang kuat dan tahan lama. Maka tidak mengherankan jika pipa kawat listrik, pipa pembuangan air hujan dan pipa air ledeng berasal dari pipa PVC.

3. Keunggulan

Perbedaan pipa PPR dan pipa PVC tidak hanya bisa terlihat dari karakter dan fungsinya saja. Perbedaan keduanya juga bisa diketahui melalui kelebihan atau keunggulannya. Bicara soal pipa PPR, pipa ini memiliki sifat higienis sehingga banyak orang yang memilih pipa jenis ini. Selain itu, pipa PPR memiliki ketahanan terhadap abrasi, lentur dan goncangan. Pipa PPR juga mampu meredam bising dan memiliki daya penghantar panas yang lebih rendah.

Pipa PVC mudah dipasang. Berbeda dengan pipa PPR yang direkatkan menggunakan mesin peleburan yang panas, pipa PVC bisa dipasang hanya dengan menggunakan lem profesional. Meski begitu, pipa PVC terbukti kuat. Tidak sedikit orang suka dengan pipa PVC.

4. Harga

Perbedaan yang tentunya tidak boleh terlewatkan adalah harga. Keduanya memiliki harga yang bervariasi tergantung besar, panjang dan ketebalan pipa. Namun biasanya pipa PPR sedikit lebih mahal dibandingkan pipa PVC. Pipa PPR biasanya dibanderol di sekitar harga 50 ribu – 4 juta rupiah. Sementara harga pipa PVC di sekitar harga 40 ribu – 2 juta rupiah.

Berdasarkan ulasan di atas, perbedaan antara pipa PPR dan pipa PVC bisa dilihat dengan jelas. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, anda sebaiknya tahu jenis pipa mana sesuai kebutuhan. Hal ini tentu dimaksudkan agar penggunaan pipa tidak salah. Selain itu, dengan pemakaian pipa yang tepat nantinya penggunaan pipa bisa lebih maksimal. Jadi ketika anda datang ke toko material, lihat dengan teliti terlebih dahulu untuk memastikan jenis pipa yang harus dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *