LigaMahasiswa.co.id

Resep Es Timun Suri untuk Buka Puasa, Energi Seketika Pulih Kembali

Timun suri menjadi salah jenis buah yang paling banyak dicari ketika bulan Ramadan karena buah ini sangat enak untuk dijadikan sebagai hidangan berbuka puasa.

Timun suri merupakan salah satu anggota keluarga labu-labuan (Curcurbitaceae), masih satu keluarga dengan buah labu dan melon. Buah timun suri mengandung beragam nutrisi seperti asam linoleat, vitamin A, vitamin C, kalium, potasium, dan magnesium yang berkhasiat baik untuk tubuh.

Lalu apa saja manfaat timun suri? Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan coba memberikan informasi tentang  manfaat timun suri bagi kesehatan sebagai berikut :

  • Aman Bagi Penderita Diabetes

Timun suri sangat aman dikonsumsi bagi anda penderita diabetes. Pasalnya, timun suri memiliki indeks glikemik yang rendah karena kandungan gula yang dimiliki berupa fruktosa. Bukan hanya itu, pada timun suri terdapat kandungan serat yang mampu memperlambat pengosongan lambung dan mengurangi absorbs gula sehingga tidak segera meningkatkan kadar glukosa darah.

Namun, perlu diperhatikan saat menambahkan gula ketika mengolah timun suri. Penambahan gula atan bahan pemanis lainnya bagi penderita diabetes hanya boleh dalam jumlah yang terbatas.

  • Membantu Menormalkan Kadar Lemak dan Kolesterol Darah

Selain kaya akan kandungan gizi, timun suri juga mengandung banyak senyawa, salah satunya adalah polifenol. Polifenol sendiri berperan sebagai senyawa pemberi warna pada timun suri.

Selain itu, kandungan polifenol sangat berperan penting sebagai antioksdian, antivirus, dan antimikroba. Bukan hanya itu, senyawa ini juga bisa membantu menormalkan kadar lemak serta kolesterol darah.

  • Dapat Meningkatkan Perlindungan Tubuh Terhadap Berbagai Bentuk Penyakit Ganas

Perlu diketahui bahwa selain antioksidan yang dapat dihasilkan secara alami, tubuh manusia juga membutuhkana antioksidan dari luar berupa vitamin A, E, C, mineral selenium dan zink, serta senyawa fitokimia.

Timun suri mengandung senyawa fitokomia yang berfungsi untuk perlindungan terhadap berbagai bentuk penyakit ganas dan bisa meningkatkan ketahanan terhadap penyakit kardiovaskular seperti atherosclerosis, serangan jantung, dan stroke.

Selain itu, senyawa fitokimia juga dapat memberikan perlindungan terhadap penglihatan manusia dengan mencegah terjadinya katarak, menghambat penuaan dini, dan meningkatkan kemampuan sistem imun.

  • Mencegah Alzheimer

Buah timun suri mengandung vitamin K yang cukup tinggi (vitamin yang bisa larut dalam lemak). Yang mana, vitamin K ini berperan penting untuk meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada persendian. Selain itu, vitamin K juga bisa digunakan sebagai obat untuk membatasi kerusakan neuronal di otak. Sehingga dengan mengonsumi buah timun suri dalam takaran jumlah yang pas bisa membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer.

  • Sebagai Sumber Antioksidan

Timun suri mengandung beberapa zat antioksidan, termasuk vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen dan lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Vitamin C terkenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan beta karoten terbukti bermanfaat untuk penglihatan mata.

Selaain itu, setiap buah yang berasal dari keluarga cucurbitaceae, termasuk timun suri memiliki kemampuan untuk membasi radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan timun suri mengandung zat antioksidan yang tinggi.

  • Mengandung Zat Anti Kanker

Selain sebagai antioksidan, timun suri juga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sela kanker dan tumor. Menurut sebuah penelitian, kandungan saponin pada timun suri bisa membantu menghambat jalur sinyal yang penting untuk mencegah munculnya sel kanker serta kerusakkan metabolisme tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *