LigaMahasiswa.co.id

Oppo resmi memperkenalkan smartphone Oppo Reno 4F ke pasar Indonesia sebagai bagian dari event online yang digelar pada tanggal 13 Oktober 2020. Smartphone Reno 4F semakin melengkapi lini dari Reno 4 dan Reno 4 Pro yang telah diluncurkan di pasaran sebelumnya. 

Perbedaan Oppo Reno 4F, Reno 4 dan Reno 4 Pro

Reno 4 pertama kali diluncurkan ke pasar Indonesia pada Juni 2020, diikuti oleh Reno 4 Pro pada awal September 2020. Ketiganya dirancang untuk mengisi segmen pasar yang berbeda. 

Reno 4F dan Reno 4 biasa diklasifikasikan sebagai smartphone kelas menengah. Keduanya menawarkan harga terjangkau masing-masing Rp. 4,3 jutaan dan Rp. 5 jutaan. Sedangkan untuk Reno 4 Pro dibanderol dengan harga Rp. 8 jutaan. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan 

Lantas apa saja yang menjadi pembeda antara ketiga smartphone tersebut? Lebih lengkapnya simak penjelasan di bawah ini.

1. Kamera

Perbedaan utamanya paling mencolok di sektor kamera. Reno 4 dan Reno 4 Pro memiliki konfigurasi kamera belakang yang identik. Keduanya dilengkapi empat kamera belakang vertikal. Kameranya terdiri dari kamera utama 48MP, kamera ultra wide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera mono 2MP. 

Sedangkan Reno 4F dibekali kamera belakang dengan modul persegi. Modul tersebut mencakup empat kamera, termasuk kamera utama 48MP, kamera ultra wide 8MP, kamera mono 2MP dan kamera dengan depth sensor 2MP. Baik Reno 4 dan Reno 4 Pro sama-sama memiliki kamera makro tunggal, sedangkan Reno 4F menggantikan opsi kamera dengan lensa dengan depth sensor. 

Untuk ke kamera depan, Reno 4 dan Reno 4 Pro mengusung kamera selfie tunggal 32MP. Alih-alih serupa, Reno 4F menggunakan kamera selfie ganda 16 MP (f/2.4) dan 2 MP (f /2.4). Oppo rupanya menghilangkan fungsi sensor Smart AON pada Reno 4F. 

Meski memiliki kamera beresolusi lebih rendah untuk selfie, namun Reno 4F memiliki fitur fotografi baru yaitu AI Super Clear Portrait. Berkat fitur tersebut, Reno 4F mampu meningkatkan detail gambar, khususnya untuk foto portrait.

2. Desain

Reno 4F digadang-gadang akan memiliki casing tertipis dibandingkan dua seri Reno 4 sebelumnya. Dengan ketebalan 7,48 mm dan bobot 184 gram, Reno 4F sedikit lebih tipis dibandingkan dengan Reno 4 dan Reno 4 Pro dengan ketebalan 7,7 mm.

Namun ketiganya memiliki spesifikasi layar yang hampir identik, dengan material Super AMOLED yang mendukung resolusi 2400x1080p. Reno 4 Pro lebih baik karena memiliki ukuran layar terluas hingga 6,5 ​​inchi. Apalagi, layar Reno 4 Pro memiliki tepi lengkung 3D yang memukau. Sedangkan Reno 4F dan Reno 4 memiliki luas layar yang sedikit berbeda masing-masing 6,43 inchi dan 6,4 inchi.

3. Hardware

Dengan banderol harga tertinggi, Oppo Reno 4 Pro adalah yang paling canggih karena hadir dengan Snapdragon 720 SoC (System-on-Chip), RAM 8GB, dan internal hingga 256GB.

Oppo Reno 4 juga memiliki spesifikasi yang identik. Bedanya, smartphone ini memiliki kapasitas internal hanya 128 GB. Dengan banderol harga yang lebih terjangkau. sedangkan untuk Oppo Reno 4F dipersenjatai chipset MediaTek Helio P95.

4. Baterai

Baik Reno 4, Reno 4 Pro dan Reno 4F sama-sama memiliki kapasitas baterai yang hampir sama, yaitu 4000 mAh. Namun, fitur fast charging yang ditawarkan berbeda-beda. Reno 4 Pro mendukung fungsi fast charging 65W, Reno 4 30W, sementara untuk Oppo Reno 4F hanya mendukung fast charging hingga 18W, lebih lambat dari seri Reno 4 dan Reno 4 Pro.

Setelah Anda mengetahui perbedaan dari Oppo Reno 4F, Reno 4, dan juga Reno 4 Pro. Anda akan lebih mudah menentukan smartphone mana yang akan Anda beli. Jika budget Anda hanya dibawah 5 juta, Anda bisa memilih Reno 4F atau Reno 4. Namun, jika budget Anda lebih dari 8 juta, Reno 4 Pro adalah pilihan terbaik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *