LigaMahasiswa.co.id

https://lh6.googleusercontent.com/_3RdGvyQdcVBX_LgfHHvHZ8BfXAybtnCUmk2Kx5j9qv7aQiJju67vAyX5VDLBpVPdVKf2P5k-_EE08Zp8DysnqjdsxcnAFz5CiuWt5wWtvpvwaQUOh9qCLKbKiFr6w0oc4m2arPU

Adanya aplikasi kredit HP tanpa DP seperti Kredivo saat ini bisa menjadi solusi bagi banyak orang buat kredit HP baru tanpa perlu ribet. Terutama buat orang-orang yang belum punya kartu kredit. Apalagi di tengah pandemi di mana kita dianjurkan untuk bekerja dan belajar dari rumah, tentunya butuh gadget yang mumpuni, baik HP atau laptop, untuk mendukung aktivitas tersebut. 

Yang perlu dilakukan hanya tinggal download aplikasi kredit HP tanpa DP Kredivo di Google Play Store atau App Store lalu daftar akun Premium. Jika disetujui, maka kita bisa kredit HP di merchant rekanan Kredivo yang jumlahnya ada 350+, seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Erafone. 

Namun sebelum itu, ada satu tahap utama sebelum kredit HP baru yang harus dilakukan. Yak, tentu saja riset, cek, dan membandingkan spesifikasi HP dari brand satu ke brand lain agar sesuai dengan yang dibutuhkan. 

Misalnya, kamu perlu HP baru buat mengurus bisnis sampinganmu dalam menjalankan online shop. Kamu tentu akan memerlukan HP yang memorinya besar dan kamera yang memadai. HP dengan dua spesifikasi ini belum tentu harus selalu yang mahal atau berkategori flagship lho. Ada juga yang murah meriah, tapi kapasitasnya sudah memadai dan sesuai yang dibutuhkan. Nah, disinilah fungsi utama dari mengecek spesifikasi HP sebelum membeli. Supaya kegunaannya tepat sasaran dan kreditnya jadi tidak sia-sia. 

Secara umum, ada lima hal utama dari sekian banyak spesifikasi HP yang perlu kamu cek, yaitu: 

Kecepatan prosesor dan sistem operasinya

Di urutan pertama, ada prosesor dan sistem operasi dari HP atau smartphone yang ingin dibeli. Di bagian boks atau deskripsi detail HP di e-commerce, kamu mungkin pernah membaca tentang Qualcomm Snapdragon maupun MediaTek. Nah, keduanya merupakan jenis prosesor yang umum digunakan pada HP Android. Prosesor sendiri bisa dikatakan merupakan otak yang menjadi pusat dari kinerja sebuah smartphone. 

Tanpa adanya prosesor, sebuah smartphone tentu tidak bisa berfungsi atau dikatakan smartphone. Makin baru seri sebuah prosesor, biasanya harganya juga akan semakin tinggi sebab kinerjanya juga semakin baik. Jika mau punya smartphone yang tidak sering ngelag meski digunakan untuk multitasking, maka kamu perlu memilih smartphone dengan kecepatan prosesor lebih dari 1GHz. 

Sejalan dengan prosesor, kamu juga perlu memerhatikan sistem operasi yang digunakan jika membeli HP Android. Saat ini, sistem operasi yang terbaru pada Android adalah Android 10. Smartphone yang menggunakan sistem operasi terbaru akan memiliki kinerja yang makin mumpuni, lebih fresh secara tampilan, aman, dan bisa digunakan untuk semua aplikasi. 

Besar kecilnya RAM dan memori internal

Di urutan kedua, ada kapasitas RAM dan memori internal yang wajib dicek. Sebab, kinerja prosesor dan sistem operasi pada HP Android perlu didukung oleh dua hal penting ini. Selain itu, saat ini sebagian HP Android sudah mengandalkan memori internal dan tidak lagi menggunakan memori eksternal. Idealnya, makin besar kapasitas RAM dan juga memori internal pada sebuah HP, akan makin baik dan optimal juga performanya. Terutama jika HP tersebut digunakan untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Maka dari itu supaya aman, pilih HP dengan kapasitas RAM minimal 3GB dan memori internal 32GB. 

Salah satu contohnya adalah Xiaomi Redmi 9A yang baru dirilis pada bulan Juni 2020 lalu. Di e-commerce seperti Blibli.com, HP yang satu ini dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp 1,5 jutaan aja lho. Xiaomi Redmi 9A hadir dengan tiga pilihan kapasitas RAM dan memori internal yang bisa dipilih sesuai bujet: yaitu 2GB-16GB, 2GB-3GB, 3GB-32GB. 

Blibli.com adalah salah satu e-commerce unggulan yang saat ini merupakan mitra dari Kredivo untuk kredit HP tanpa DP dan barang lainnya dengan minimum harga Rp 1 juta ke atas. Jadi, kalau kamu sudah punya akun dan limit di Kredivo, kamu bisa langsung kredit HP Xiaomi Redmi 9A pakai Kredivo di Blibli, dengan opsi tenor 3/6/12 bulan. Tanpa uang muka dan suku bunganya cuma 2,6% per bulan!

Kapasitas baterai

Prosesor yang cepat dan RAM yang besar tentu tidak ada gunanya jika kapasitas baterai pada sebuah HP tidak memadai. Ditambah lagi, jika kamu kerap beraktivitas di luar rumah. Artinya, kamu butuh HP yang kapasitas baterainya mumpuni agar bisa bertahan lama tanpa perlu sering-sering dicharge atau dicolok ke power bank. Namun, besaran kapasitas baterai bukan satu-satunya yang menentukan daya tahan sebuah baterai. Misalnya, baterai HP berkapasitas 4.000 mAh, belum tentu lebih baik daripada HP yang baterainya hanya 3.000 mAh. Sebab, ada juga peran litografi pada prosesor yang perlu diperhitungkan. Untuk sebuah HP baru, minimal pilih HP dengan kapasitas baterai 3.000 mAh. 

Kamera dan fiturnya

Kamera adalah fitur utama pada smartphone yang kini berlomba-lomba dimodifikasi fitur dan keunggulannya oleh banyak produsen. Mulai dari kapasitas resolusinya, dual kamera, fitur AI (Artificial Intelligence) dan beautify, dan masih banyak lagi. Sebagian orang mungkin terlanjur percaya bahwa makin besar resolusi kamera sebuah HP, baik depan atau belakang, maka kualitas foto yang dihasilkan juga semakin baik. Padahal, tidak selalu demikian. Sebab, kualitas dari hasil foto ditentukan juga oleh faktor lainnya seperti sensor gambar, lensa, dan juga prosesornya. Jadi, jangan sampai terjebak dengan iming-iming resolusi HP yang besar ya. Selain dicek spesifikasi dan fiturnya secara keseluruhan, akan lebih baik kalau kamu bisa mengecek juga performa kameranya secara langsung (jika beli di toko offline). 

Layar dan material bodi

Demi kenyamanan mata dan tangan ketika menggenggam smartphone, hal terakhir yang nggak kalah penting dicek adalah layar dan material bodi HP. Makin besar jumlah pixel (ppi) layar sebuah smartphone, akan semakin rapat, tajam, dan jernih juga performa layarnya dan bagus untuk mata. Dari sisi bodi, umumnya HP yang tipis dengan material alumunium lebih nyaman digenggam dibanding yang berbahan plastik. Tentunya, harganya juga di atas harga HP dengan bodi plastik. Namun salah satu kekurangannya, HP akan cepat terasa panas karena salah satu fungsi dari alumunium memang demikian: membuang panas dari dalam smartphone. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *